Sering mendengar istilah face recognition atau face analytics? Berikut penjelasan lengkap seputar pengertian dan manfaat face recognition atau face analytics.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak hal makin mudah, termasuk dalam hal perakitan sistem keamanan. Selama ini kita mengenal sistem keamanan berupa PIN, password, kartu identitas, dll.

Namun sayangnya, beberapa sistem keamanan tersebut terbukti masih kurang aman. Selain masih bisa dibobol hacker, pengguna juga berpotensi lupa dengan password dan PIN-nya. Membuat sistem keamanan ini kurang efektif melindungi data pribadi seseorang.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Masih ada satu lagi teknologi canggih yang diklaim lebih ampuh melindungi data, privasi serta keamanan. Teknologi tersebut dijuluki face recognition atau face analytics.

Bagi Anda yang belum terlalu memahami apa itu face recognition atau face analytics, di sini kami akan mengupas secara lengkap pengertian, cara kerja, manfaat, sampai di mana Anda bisa menemukan jasa penyedia layanan face recognition atau face analytics.

Pengertian Face Recognition

Face recognition merupakan teknologi yang mampu mencocokkan wajah manusia dari gambar digital atau bingkai video, dengan database wajah. Teknologi ini biasanya sering digunakan untuk mengotentikasi pengguna lewat layanan verifikasi ID. Cara kerjanya sangat mudah.

pengertian manfaat face analytics

Sumber : RacFaces

Pada dasarnya, teknologi ini dibagi menjadi dua jenis (dari segi pengambilannya). Yakni tipe pengambilan 2D serta 3D.

Teknologi canggih ini dinilai jauh lebih aman dibanding PIN atau password (kata sandi). Sebab face recognition / face analytics lebih sulit dibobol dibanding kedua teknologi lainnya.

Apalagi jika Anda menggunakan jenis pengambilan 3D. Jenis yang satu ini dinilai lebih menguntungkan, sebab diklaim bisa mengenali wajah secara lebih spesifik. Makanya tidak heran kalau jenis ini sering digunakan dalam perangkat keamanan.

Bagaimana Cara Kerja Face Recognition?

Teknologi secanggih face recognition tentunya tak akan memiliki cara kerja yang simpel. Setidaknya ada 7 tahapan yang perlu dilalui agar teknologi ini mampu melakukan tugasnya dengan baik.

  • PENDETEKSIAN WAJAH : Langkah pertama ini dilakukan dengan pengambilan foto wajah manusia. Caranya dengan memindai foto (untuk pengenalan 2D secara digital), atau melalui video (untuk pengenalan 3D).
  • MENSEJAJARKAN GAMBAR : Nah, setelah wajah berhasil terdeteksi, teknologi face recognition akan mampu menentukan posisi, ukuran serta sikap kepala.
  • PENGUKURAN GAMBAR : teknologi face recognition akan mengukur lekukan yang ada di wajah memakai skala sub-milimeter serta membuat template.
  • MENERJEMAHKAN GAMBAR : Apabila template sudah jadi, dia akan diterjemahkan ke dalam kode unik. Kode inilah yang nanti akan mempresentasikan setiap wajah orang.
  • PENCOCOKAN WAJAH : Jika wajah seseorang yang telah “direpresentasikan” serta ketersediaan foto sama-sama berbasis 3D, proses pencocokan bisa langsung dilakukan. Jika terdapat perbedaan (misalnya representasi 3D dan fotonya 2D), maka software akan mengidentifikasi beberapa titik (biasanya mata bagian luar dan dalam, serta ujung hidung) lalu mencocokkannya.
  • VERIFIKASI : Ini adalah proses perbandingan foto wajah yang diambil, dengan semua gambar yang punya kemiripan dalam database.
  • ANALISIS TEKSTUR WAJAH : Terakhir, tahapan ini akan menganalisis tekstur kulit manusia. Perlu Anda ketahui, tekstur kulit setiap manusia berbeda-beda. Dengan mengidentifikasi tektur kulit, software akan mampu membedakan identitas masing-masing orang.

Manfaat Face Recognition

Secara umum, manfaat face recognition mampu menjaga data pribadi serta menjamin sistem keamanan dengan lebih baik. Kembali lagi, ini disebabkan oleh pemanfaatan sistem biometrik pada setiap bagian tubuh manusia, membuatnya tak akan salah mengidentifikasi wajah manusia.

pengertian manfaat face analytics

Sumber : Blockdit

Secara khusus, manfaat face recognition adalah sebagai berikut:

  • MEMBANTU PEKERJAAN : Sebenarnya sadar atau tidak, face recognition dibuat untuk membantu pekerjaan agar lebih mudah. Contohnya bisa Anda lihat pada pihak kepolisian dalam menangkap buronan. Teknologi face recognition akan mengidentifikasi wajah buronan di mana pun mereka berada dengan cepat.
  • MENGUMPULKAN DATA : Face recognition juga dapat digunakan dalam hal statistik atau mengumpulkan data lho. Misalnya data berupa jumlah orang, umur, dan bahkan jenis kelamin orang-orang yang gambarnya telah masuk ke dalam database.
  • MEMBUKA KUNCI ALAT ELEKTRONIK : Beberapa alat elektronik salah satunya smartphone kekinian saat ini telah dibekali teknologi face unlock dengan teknologi face recognition. Dengan memakai teknologi ini, privasi smartphone Anda akan lebih aman. Sebab hanya Anda saja yang dapat membukanya (begitu pun juga di alat elektronik lain).

Setelah melihat penjelasan lengkap di atas, kini masih kah Anda ragu untuk memanfaatkan teknologi face recognition? Atau Anda ingin mencobanya namun tak tahu di mana jasa pembuatannya?

Ghina Multi Prima adalah JASA PENYEDIA LAYANANFACE RECOGNITION / FACE ANALYTICS” terpercaya.

Kami menawarkan layanan PENGENALAN WAJAH dan SOLUSI BIOMETRIK LAINNYA seperti software dan hardware berdasarkan suara, sidik jari, iris mata, telapak tangan, dll.

KONSULTASIKAN keinginan Anda dengan TIM PROFESIONAL Ghina Multi Prima untuk mengetahui berbagai LAYANAN & PENAWARAN MENARIK dari kami!

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *